Dua Perusahaan Kapal China Alihkan Modal ke Indonesia

cnn indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejumlah perusahaan China bersiap untuk mengalihkan modalnya ke Indonesia. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan setidaknya sudah dua perusahaan kapal asal Negeri Tirai Bambu yang sudah menyatakan minat tersebut, di mana salah satunya menganggarkan US$ 100 juta.

Tamba Hutapea, Deputi Perencanaan Penanaman Modal BKPM menjelaskan komitmen investasi dua pemodal China itu terjaring ketika BKPM mempromosikan potensi investasi Indonesia di Kota Hangzhou, Porvinsi Zhejiang, China. Bahkan salah satu perusahaan perkapalan China telah menyampaikan nilai investasi sebesar US$ 100 juta, dengan proyeksi penyerapan tenaga kerja mencapai 1.000 orang.

“Satu investor China ini sangat serius berinvestasi di Indonesia, karena sudah melalukan riset dan perhitungan bisnisnya,” ujar Tamba melalui keterangan resmi BKPM, Kamis (9/7).

Menurut Tamba, hanya baru satu perusahaan yang terbuka soal rencana investasinya. Perusahaan tersebut tertarik untuk mendirikan pabrik kapal di Banten, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 30-50 unit kapal per tahun.

 

Read More