Pemerintah Bakal Hentikan Pungutan PPN Galangan Kapal

cnn indonesia

 

 

 

 

 

 

 

Untuk meningkatkan produktivitas galangan kapal nasional, pemerintah berencana memberikan fasilitas fiskal pajak pertambahan nilai (PPN) tidak dipungut. Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin menyebut saat ini pemerintah tengah menyelesaikan draf Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang akan menggantikan PP Nomor 146 tahun 2000 tentang Fasilitas Fiskal untuk Impor dan/atau Penyerahan Kapal Laut, Pesawat Udara, Kereta Api dan Suku Cadangnya.

“Saat ini sedang diproses pembentukan RPP pengganti PP 38 tahun 2003 yang akan mengubah fasilitas PPN dari dibebaskan menjadi tidak dipungut,” ujar Saleh dikutip dari keterangan pers, Senin (22/6).

Berbeda dengan fasilitas PPN dibebaskan yang membuat wajib pajak (WP) masih memiliki PPN terutang jika memanfaatkannya, fasilitas PPN tidak dipungut bisa mengkreditkan pajak masukan sehingga WP tidak lagi memiliki catatan pajak terutang kepada negara dengan memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Fasilitas ini hanya akan diberikan kepada perusahaan pengguna armada kapal, namun galangan kapal dapat menikmati fasilitas ini dengan mengkreditkan pajak masukan,” ujar Saleh.

 

Read More